Harga Garam Meningkat Tajam

Desa Panggung, Jepara– Harga Garam Grosok di Kabupaten Jepara termasuk Desa Panggung meningkat tajam. Harga Garam kini mencapai Rp 4.000 per-kilogram dari harga sebelumnya yang hanya Rp. 500 per kilogram.

Tingginya harga garam tersebut disebabkan karena sebelumnya cuaca yang tidak menentu dan mengakibatkan pasokan garam yang ada di daerah menjadi berkurang. Permintaan Garam yang terus meningkat disertai dengan persediaan yang minim membuat harga garam menjadi meningkat tajam. Selain itu faktor pembatasan impor garam dari luar negeri menjadi faktor penentu harga garam dari daerah.

Lafiq Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tirta Petani pada hari Senin (17/7/2017) menuturkan baru tahun ini petani bisa merasakan keuntungan yang luar biasa. Harapannya harga garam dapat bertahan pada besaran harga sekarang ini dan pemerintah terus melakukan pembatasan garam dari luar negeri.

Garam yang dihasilkan dari Desa Panggung dan sekitarnya memiliki kualitas tinggi sesuai dengan permintaan, sedangkan garam dari luar negeri kualitasnya lebih rendah dari garam daerah pesisir Jepara ini.

Seorang petani garam dari Desa Panggung mengakui bahwa harga garam saat ini sangat mencukupi. Sebelumnya tengkulak membeli dari petani garam per karung hanya sekitar Rp 25.000Sekarang ini harga garam per karung mencapai Rp 150.000.

Komoditas garam yang dihasilkan biasanya digunakan untuk kebutuhan industri atau bahan pengawet ikan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan